Minggu, 07 Mei 2017

Menuju Wisuda PKN STAN BDK Cimahi Part II


            Assalamuaikum, bagaimana kabar kalian? semoga sehat selalu ya, Aamiin. Kali ini saya akan membahas lanjutan dari postingan saya yang kemarin yang berjudul “Menuju Wisuda PKN STAN Cimahi Part I”. Sebelumnya, saya meminta maaf atas adanya kesalahan dalam tulisan saya kemarin. Kesalahan tersebut diakibatkan oleh informasi yang saya dapatkan terdapat pada peraturan yang lama dan ternyata sudah ada penggantinya. Dan untuk kedepannya saya akan berusaha mencari sumber yang valid dan terbaru.
            Tulisan ini bersumber dari beberapa peraturan pelaksana, kakak-kakak tingkat jurusan pajak Balai Diklat Keuangan Cimahi Tahun 2015, dan berbagai artikel dari internet. Kesalahan yang akan saya koreksi adalah seksi-seksi yang berada di lingkungan Kantor Pelayan Pajak, yang nantinya kegiatan Praktek Kerja Lapangan akan kita laksanakan di tempat tersebut. Ada pun seksi yang benar beserta tugasnya adalah :
              A.    Subbagian Umum
              Subbagian Umum memiliki tugas :
1.      Urusan kepegawaian,
2.      Keuangan,
3.      Tata usaha, dan
4.      Rumah tangga.
              B.     Seksi Pengolahan Data dan Informasi
              Seksi Pengolahan Data dan Informasi memiliki tugas :
1.      Melakukan pengumpulan, pencarian, dan pengolahan data,
2.      Penyajian informasi perpajakan,
3.      Perekaman dokumen perpajakan,
4.      Urusan tata usaha penerimaan perpajakan,
5.      Pengalokasian PBB & BPHTB,
6.      Pelayanan dukungan teknis komputer,
7.      Pemantauan aplikasi e-SPT dan e-Filing,
8.      Pelaksanaan i-SISMIOP dan SIG, serta
9.      Penyiapan laporan kinerja.
              C.     Seksi Pelayanan
              Seksi Pelayanan memiliki tugas :
1.      Melakukan penetapan dan penerbitan produk hukum perpajakan,
2.      Pengadministrasian dokumen dan berkas perpajakan,
3.      Penerimaan dan pengolahan Surat Pemberitahuan, serta penerimaan surat  lainnya,
4.      Penyuluhan perpajakan,
5.      Pelaksanaan registrasi Wajib Pajak, serta
6.      Melakukan kerjasama perpajakan.
              D.    Seksi Penagihan
              Seksi Penagihan memiliki tugas :
1. Mempunyai tugas melakukan urusan penatausahaan piutang pajak, penundaan dan angsuran tunggakan pajak,
2.      Penagihan aktif,
3.      Usulan penghapusan piutang pajak, serta
4.      Penyimpanan dokumen-dokumen penagihan.
              E.     Seksi Pemeriksaan
              Seksi Pemeriksaan memiliki tugas :
1.     Melakukan penyusunan rencana pemeriksaan,
2.   Pengawasan pelaksanaan aturan pemeriksaan, penerbitan dan penyaluran Surat Perintah Pemeriksaan Pajak serta administrasi pemeriksaan perpajakan lainnya.
              F.      Seksi Ekstensifikasi
              Seksi Ekstensifikasi memiliki tugas :
1.      Melakukan pengamatan potensi perpajakan,
2.      Pendataan objek dan subjek pajak, serta
3.  Pembentukan dan pemutakhiran basis data nilai objek pajak dalam me- nunjang ekstensifikasi.
              G.    Seksi Pengawasan dan Konsultasi (I s.d. IV),
              Seksi Pengawasan dan Konsultasi memiliki tugas :
1.      Melakukan pengawasan kepatuhan kewajiban perpajakan Wajib Pajak,
2.    Bimbingan/imbauan kepada Wajib Pajak dan konsultasi teknis  per-        pajakan,
3.       Penyusunan profil Wajib Pajak,
4.       Analisis kinerja Wajib Pajak,
5.       Rekonsiliasi data Wajib Pajak dalam rangka melakukan intensifikasi, dan
6.     Usulan pembetulan ketetapan pajak, usulan pengurangan PBB & BPHTB, serta melakukan evaluasi hasil banding.

            Nah itu adalah tugas-tugas yang nanti kita akan lakukan selama kegiatan Praktek Kerja Lapangan. Untuk informasi dari kakak-kakak tingkat diantaranya ialah :
1.  Setiap mahasiswa akan diputar/dirolling seksi yang didapatnya sesuai kebutuhan dari KPP tempat mahasiswa melakukan kegiatan PKL;
2.      Apabila dari awal kita mendapatkan seksi pelayanan maka, kemungkinan akan diputar/dirolling akan sulit karena memang mahasiwa PKL seringkali ditugaskan membantu seksi pelayanan;
3.  Untuk seksi pelayanan, tugasnya adalah ditugaskan di TPT (Tempat  Pelayanan  Terpadu) untuk membuat NPWP atau menerima SPT Masa,  fotokopi, mengantarkan surat, dan melipat surat;
4.    Untuk seksi Pengawasan dan Konsultasi, tugas yang adalah menangani  masalah administrasi surat masuk dan surat keluar;
5.    Untuk seksi Ekstensifikasi tugasnya adalah membuat ide billing, mem-  buat geo tag, membubuhkan cap serta melipat surat, dan memasukkan    data npwp usaha;
6.     Seksi Penagihan memiliki tugas menscan STP, SKP dan surat yang ber-  kaitan dengan kegiatan penagihan lainnya lalu menyimpan surat-surat      tersebut di rumah berkas; dan
7.    Seksi Pengolahan Data dan Informasi salah satu tugasnya adalah me-    rekam SPT


            Demikianlah artikel “Menuju Wisuda PKN STAN BDK Cimahi Part II”. Akan berlanjut ke part III dimana saya akan membahas mengenai yudisium, tunggu ya. (sof)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar